Senin, 20 Pebruari 2017

  • UNIKOM
  • Kampus UNIKOM
  • Kuliah Online UNIKOM
  • Nilai Online UNIKOM
  • SIMEP UNIKOM
  • Pasca Sarjana UNIKOM
02 November 2010 11:02:30

Perwalian dan Registrasi Ulang

Perwalian online adalah suatu proses pengisian rencana studi secara online. Pengisian rencana studi dilakukan melalui situs perwalian online yang ada di alamat http://perwalian.unikom.ac.id.

Cara pengisian rencana studi dapat dilihat di situs perwalian (http://perwalian.unikom.ac.id).

Alur perwalian secara online adalah sebagai berikut:

  1. Mahasiswa melakukan pembayaran melalui Bank. Pihak keuangan akan meminta pihak Bank untuk melakukan autodebet. Setelah autodebet dilakukan, maka pihak keuangan akan mengupdate data mahasiswa yang sukses diautodebet. Status autodebet dapat dilihat di http://autodebet.unikom.ac.id.
  2. Mahasiswa yang telah diautodebet dapat melakukan pengisian Formulis Rencana Studi (FRS) di situs perwalian online. Mahasiswa yang belum terautodebet harus menunggu sampai autodebet berhasil dilakukan.
  3. Dosen wali akan melakukan pemeriksaan apakah rencana studinya layak untuk disetujui atau tidak.
  4. Jika disetujui, maka mahasiswa akan mendapatkan informasi mengenai status persetujuan rencana studinya melalui email. Dosen wali akan menyetujui rencan studi per mata kuliah, bukan per paket seperti yang biasa dilakukan. Dengan hal ini diharapkan tidak ada mahasiswa yang mengalami kendalam dalam perwalian karena salah satu mata kuliahnya belum disetujui dosen wali. Mata kuliah yang telah disetujui dosen wali akan tercantum di absensi.
  5. Jika Dosen wali tidak menyetujui rencana studi, maka mahasiswa harus melakukan pengisian rencana studi lagi di situs perwalian online.
  6. Jika waktu perwalian telah berakhir, maka pihak Sekretariat Jurusan akan melakukan pencetakan Kartu Studi Mahasiswa (KSM).
  7. Kartu Studi Mahasiswa (KSM) akan didistribusikan ke mahasiswa untuk ditandatangani. Jika KSM telah ditandatangani oleh mahasiswa, maka pihak Sekretariat Jurusan akan mengesahkan KSM dengan memberikan cap jurusan di KSM.
  8. Pihak Mahasiswa dan Jurusan akan menerima masing-masing 1 salinan KSM. KSM yang dimiliki mahasiswa dapat digunakan sebagai Kartu Ujian.